Blog


ShoutMix chat widget

Pengikut

Kapal Tanker Raksasa Arab Di Bajak

Selasa, 18 November 2008 - - 1 Comments

Sirius Star saat melaju di perairan Korea Selatan/AFP

Sebuah kapal super tanker mengangkut minyak berbendera Liberia milik perusahaan minyak Arab Saudi, Saudi Aramco, Sabtu (8/11/2008) pekan lalu dibajak di pantai Kenya. Kini kapal tersebut diarahkan ke Somalia.

Seperti diberitakan CNN, Selasa (18/11/2008), kapal bernama Sirius Star tersebut dibajak 450 mil laut tenggara Mombasa Kenya. Sebanyak 25 kru-berkewarganegaraan Inggris, Kroasia, Polandia, Filipina, dan Arab Saudi dilaporkan selamat.

Pimpinan Kapal Angkatan Laut AS Jane Campbell yang melaporkan pembajakan tersebut menyebutkan, Sirius Star memiliki bobot lebih dari 300.000 metric ton. Ukuran tersebut berarti tiga kali lebih besar dari kapal induk yang dimiliki armada Angkatan Laut AS.

Ahli perminyakan dari Vela International menyatakan, dengan ukuran kapal tanker sebesar itu, diperkirakan Sirius Star mampu mengangkut minyak sebanyak 2 juta barel.

Juru bicara AL AS menyatakan, kapal mendekati wilayah Eyl Somalia di Samudera India. Daerah tersebut merupakan wilayah rutin untuk transit pembajak. Dari sana mereka akan membahas negosiasi dengan pemilik kapal.

Patroli internasional yang terdiri dari pasukan AL AS, Inggris, dan Rusia kerap melewati teluk Aden Somalia yang berhubungan dengan Laut Merah dan Laut Arab, sejak marak kasus pembajakan.

"Kapal tersebut dibajak pada daerah 450 mil laut Mombasa. Ini artinya mereka sudah menguasai 1,1 juta mil persegi luas laut," ungkap Campbell. Dia menyatakan, pihaknya tidak berani melakukan penyerangan karena kapal pembajak dilengkapi dengan senjata yang membahayakan. Mereka memiliki MV Faina yang merupakan kapal bersenjata mutakhir milik Ukraina yang berhasil direbut pembajak pada 25 September lalu.

Kejadian ini semakin menambah daftar kapal-kapal dagang internasional yang dibajak di wilayah Somalia, termasuk milik Malaysia dan Filipina. Hingga saat ini, di perairan Afrika saja sudah terjadi 83 kasus penyerangan. Sebanyak 33 di antaranya dibajak. Sejauh ini, pembajak sudah menahan 12 kapal bersama 200 krunya.

(okezone.com)

This entry was posted on 12.14 and is filed under Dunia . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

1 komentar:

De DAenkz mengatakan...

Tembak aja tuh bajak laut.. parah pak..