Blog


ShoutMix chat widget

Pengikut

Napoleon Bonaparte : Sang Kaisar Perancis

Kamis, 03 Juli 2008 - - 0 Comments


Kaisar Napoleon Bonaparte dilahirkan di pulau Korsika pada tanggal 15 Agustus 1769 dari sebuah keluarga bangsawan lokal dengan nama Napoleone di Buonaparte (dalam bahasa Korsika, Nabolione atau Nabulione) Di kemudian hari dia mengganti namanya menjadi Napoleon Bonaparte.

Ia menjadi siswa di Akademi Militer Brienne tahun 1779pada usia 10 tahun, kecerdasannya membuat Napoleon lulus akademi di usia 15 tahun. Karir militernya menanjak pesat setelah dia berhasil menumpas kerusuhan yang dimotori kaum pendukung royalis dengan cara yang sangat mengejutkan: menembakkan meriam di kotaParis dari atas menara. Peristiwa itu terjadi tahun 1795 saat Napoleon berusia 26 tahun. Berbagai perang yang dimenangkannya diantaranya melawan Austria dan Prusia.

Dia menikahi seorang janda bernama Josephine de Beauharnais, kehidupan perkawinan Napoleon penuh dengan ketidakpercayaan dan perselingkuhan di antaranya perselingkuhan Napoleon dengan gadis PolandiaMaria Malewska sampai akhirnya Jos├ęphine menjadi istri yang setia. Karena usianya yang lebih tua, Jos├ęphine tidak memberikan keturunan pada Napoleon yang kemudian diceraikannya. Kemudian menikah lagi dengan Putri Kaisar Austria Marie Kouise putri dari Kaisar Francois I yang mengikat persekutuan Austria dan Perancis yang dilakukan Kaisar Austria atas nasihat perdana menteri Matternich untuk menyelamatkan negaranya. Pernikahan itu berakhir dengan kekalahan Napoleon yang pertama dengan jatuhnya kota Paris akibat diserang Rusia, Austria dan Prusia serta dibuangnya Napoleon ke pulau Elba. Marie Louise sendiri dibawa pulang oleh ayahnya ke Wina.

This entry was posted on 21.13 and is filed under TOKOH - TOKOH DUNIA . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: